Berita Agama

Memberikan informasi tentang ilmu-ilmu keagamaan dan berita agama terbaru

Banner

Bacaan Solat Ied Lengkap Beserta Tata Cara Pelaksanaannya

Bacaan Solat Ied Lengkap Beserta Tata Cara Pelaksanaannya

Bacaan Solat Ied Lengkap Beserta Tata Cara Pelaksanaannya

Bacaan Solat Ied Lengkap Beserta Tata Cara Pelaksanaannya – Solat Ied merupakan ibadah salat wajib yang dilakukan setiap Idulfitri dan Idul adha. Wajib untuk kamu ketahui, bahwa solat ied termasuk dalam salat sunah muakad, yang artinya salat ini walaupun bersifat sunah, tetapi sangat penting sehingga sangat dianjurkan untuk tidak meninggalkannya.

Waktu solat Ied dimulai begitu berakhirnya waktu shalat subuh, atau ketika terbitnya matahari. Bahkan ia masih dapat dikerjakan hingga masuknya waktu zhuhur atau ketika matahari mulai terbit ke arah barat. Namun apabila solat shubuh sudah berakhir, akan tetapi pelaksanaan solat ied sebaiknya ditunda hingga matahari mulai naik hingga setinggi tombak.

Bacaan Solat Ied Lengkap Beserta Tata Cara Pelaksanaannya

Meskipun seperti yang kita ketahui bahwa waktunya telah masuk, tetapi memang sebaiknya tidak dikerjakan terlalu pagi. Itulah agar dapat memberi kesempatan kepada masyarakat untuk melakukan persiapan dan pergi ke masjid atau lapangan.

Solat Ied sangat disunnahkan untuk dilaksanakan secara berjemaah di tanah lapang, masjid, musala dan tempat lainnya. Namun biasanya sholat Ied dilakukan di tanah terbuka, sebab mengingat banyak sekali jemaah yang hadir pada saat pelaksanaan shalat.

Bacaan Solat Ied Lengkap Beserta Tata Cara Pelaksanaannya

Pelaksanaan solat Ied sebenarnya tidak jauh berbeda dengan sholat lainnya. Adapun yang membedakan hanyalah pada niat dan takbirnya. Perlu diketahui bahwa tidak ada adzan dan iqamah dalam sholat Idul Fitri. Namun, hanya digantikan dengan menyeru lafal ‘ash-shalata jami’ah’. Itulah mengapa, sudah semestinya setiap umat Muslim mengetahui bacaan solat Ied beserta tata cara pelaksanaannya yang benar.

Sebagaimana Rasulullah SAW bersabda:

“Dari Ibni Abbas ra bahwa Nabi SAW melakukan sholat Id 2 rakaat, beliau tidak melakukan sholat sebelumnya atau sesudahnya.” (HR. As-Sab’ah).

Perlu untuk diketahui bahwa hukum melafalkan niat sholat Ied adalah sunah. Sedangkan yang wajib adalah melafalkan secara sadar dan sengaja dalam batin berniat akan menunaikan sholat Ied. Adapun bacaan solat Ied yakni sebagai berikut :

Niat sholat Idul Fitri secara berjamaah yang dibaca oleh imam:

Ushalli sunnatan li Idil Fitri rak’atayni mustaqbilal qiblati adā’an imāman lillāhi ta’ālā.

Artinya, “Aku menyengaja sembahyang sunnah Idul Fitri dua rakaat dengan menghadap kiblat sebagai imam karena Allah SWT.”

Niat sholat Idul Fitri secara berjamaah yang dibaca oleh makmum:

Ushalli sunnatan li Idil Fitri rak’atayni mustaqbilal qiblati adā’an ma’mūman lillāhi ta’ālā.

Artinya, “Aku menyengaja sembahyang sunnah Idul Fitri dua rakaat dengan menghadap kiblat, tunai sebagai makmum karena Allah SWT.”

Sementara itu, untuk pelaksanaan sholat Idul Fitri bisa dilakukan dua rakaat secara berjemaah dan terdapat khutbah sesudahnya. Tetapi, jika terlambat datang, boleh dilakukan secara sendiri-sendiri di rumah daripada tidak sama sekali.

Tata Cara Pelaksanaan Solat Ied Secara Lengkap

Setelah mengetahui bacaan solat Ied, maka untuk selanjutnya kamu dapat megetahui tata cara pelaksanaan sholat Ied yang benar. Tata cara pelaksanaan sholat Ied dapat kamu ketahui sebagai berikut :

  1. Memulai dengan bacaan niat shalat idul fitri bagi imam atau makmum, yang bunyinya sebagai berikut:

Ushalli sunnata li’idil fithri rak’ataini makmuuman/imaman lillahi ta’ala

Artinya: “Aku berniat shalat sunah Idul Fitri dua rakaat (menjadi makmum/imam) karena Allah ta’ala.”

  1. Membaca takbiratul ihram (Allahuakbar) sambil mengangkat kedua tangan.
  2. Membaca takbir sebanyak tujuh kali (di luar takbiratul ihram) dan di antara setiap takbir dianjurkan untuk membaca:

Subhanallah wal hamdulillah wa laailaahaillallah wa Allahu Akbar

  1. Membaca surah Al-Fatihah, kemudian diteruskan dengan membaca surah pendek Al-Qur’an.
  2. Setelah itu lalu ruku, sujud, duduk di antara dua sujud dan seterusnya hingga berdiri lagi seperti sholat biasa.
  3. Pada rakaat kedua sebelum membaca surah al-Fatihah disunahkan untuk membaca takbir sebanyak lima kali sambil mengangkat tangan dan di antara setiap takbir disunahkan membaca:

Subhanallah wal hamdulilah wa laailaahaillallah wa Allahu Akbar

  1. Membaca al-Fatihah dan diteruskan membaca surah pendek dari Al-Qur’an.
  2. Setelah itu ruku, sujud dan seterusnya hingga salam.
  3. Setelah salam, kemudian dianjurkan atau disunahkan untuk mendengarkan khotbah Idul Fitri.

Itulah tadi, tata cara pelaksanaan beserta sebelumnya yakni bacaan solat Ied. Kemudian, setelah melaksanakan sholat Idul Fitri, umat Muslim disunahkan untuk mendengarkan khutbah. Pasalnya, khutbah Idul Fitri merupakan kesempurnaan sholat Idul Fitri.

Khutbah setelah sholat idul fitri dilaksanakan dengan dua khutbah, yaitu dilaksanakan dengan berdiri dan di antara keduanya dipisahkan dengan duduk sejenak. Selain itu, khutbah pertama dimulai dengan takbir sebanyak 9 kali, sedangkan pada khutbah kedua dimulai dengan takbir 7 kali.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!