Berita Agama

Memberikan informasi tentang ilmu-ilmu keagamaan dan berita agama terbaru

Banner

Ketahui Berapa Banyaknya Agama di Indonesia Yang Telah Diakui

Ketahui Berapa Banyaknya Agama di Indonesia Yang Telah Diakui

Ketahui Berapa Banyaknya Agama di Indonesia Yang Telah Diakui

Ketahui Berapa Banyaknya Agama di Indonesia Yang Telah Diakui – Negara Kesatuan Republik Indonesia memiliki beraneka ragam suku, kebudayaan, dan kepercayaan. Setiap kepercayaan sendiri memiliki perbedaan antara satu sama lain yang membuat seringkali memunculkan perbedaan pendapat antara satu kepercayaan dengan kepercayaan lainnya.

Masing-masing agama memiliki kitab suci dan tempat ibadahnya. Setiap umat beragama memiliki kebebasan untuk memeluk agama dan menjalankan ibadahnya. Sikap toleransi dan saling menghormati sangat dibutuhkan untuk menjaga kerukunan umat beragama. Dengan begitu, masing-masing agama bisa menjalankan ibadahnya dengan damai.

Kebebasan memilih kepercayaan sudah tertuang dalam Pasal 28 huruf E ayat (1) UUD 1945 yang mengatakan bahwa “setiap warga negara bebas memeluk agama dan beribadah sesuai agamanya”. Maka dari itu, setiap masyarakat Indonesia harus memiliki sikap toleransi dan saling menghormati guna menjaga kerukunan seluruh umat beragama.

Ketahui Berapa Banyaknya Agama di Indonesia Yang Telah Diakui

Namun, dengan begitu agama yang diakui di Indonesia hanya ada enam, dan  memiliki perbedaan tersendiri. Setiap orang Indonesia wajib untuk merangkul salah satu agama tersebut yang merupakan data pribadi yang disebutkan di dalam dokumen resmi seperti paspor dan kartu identitas lain. Ateisme tidak merupakan suatu pilihan. Bahkan ateisme merupakan sebuah filsafat yang secara umum tidak diterima oleh masyarakat.

Ketahui Berapa Banyaknya Agama di Indonesia Yang Telah Diakui

Keyakinan seseorang terhadap Tuhan juga dikatakan dalam sila pertama Pancasila yaitu Ketuhanan Yang Maha Esa. Setiap orang Indonesia diwajibkan untuk memilih salah satu agama sesuai kepercayaannya. Karena hal ini juga akan dimasukkan ke dalam data pribadi seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP), paspor, atau dokumen lainnya. Hingga kini telah diketahui tedapat enam agama di Indonesia yang diketahui sebagai berikut :

  1. Islam

Inilah agama mayoritas yang dipeluk oleh masyarakat di Indonesia. Islam memiliki Kitab suci yaitu  Al-Qur’an, dan tempat ibadahnya adalah masjid. Umat islam merayakan beberapa hari besar keagamaan, yaitu Hari Raya Idul Fitri, Hari Raya Idul Adha, Tahun Baru Hijriah, dan Maulid Nabi atau Isra’ Miraj.

  1. Protestan

Protestan muncul setelah protes Marthin Luther pada tahun 1517. Agama protestan ini memiliki kitab suci yaitu Alkitab. Kristen Protestan ini merayakan beberapa hari besar yaitu Hari Natal, Hari Paskah, Pentakosta, Kenaikan Isa Almasih, Wafat Isa Almasih.

  1. Katolik

Katolik merupakan salah satu agama di Indonesia yang denominasi dalam agama Kristen. Agama ini muncul di Indonesia saat bangsa Portugis sampai di kepulauan Maluku. Umat Katolik memiliki kitab suci yang sama dengan Kristen protestan yaitu Alkitab. Natal sama seperti Kristen Protestan, Hari Raya Santa Perawan Maria, Kenaikan Isa Al Masih, Trihari Suci Paskah.

  1. Hindu

Agama Hindu datang pertama kali ke Indonesia melalui jaringan perdagangan yang terbentang dari Cina hingga India. Umat Hindu memiliki kitab suci bernama weda. Di weda dalam pembagiannya terdiri dari dua kelompok besar yang disebut Weda Sruti yang isi didalamnya mengenai wahyu dan Weda Smrti yang didalamnya merupakan pedoman atau manual yang bersumber dari Weda Sruti. Mereka beribadah di Pura, dan merayakan hari Nyepi, kuningan, dan galungan.

  1. Buddha

Agama Buddha pertama kali diperkirakan dibawa oleh pengelana Fa Hsien yang berasal dari China. Kitab suci Buddha yaitu disebut dengan Pitaka atau Keranjang. Pitaka terbagi menjadi tiga kelompok besar yang terdiri dari Vinaya Pitaka, Sutta Pitaka. Dan Abhidhamma Pitaka. Agama budha melaksanakan ibadah di Vihara dan merayakan hari  Waisak, magha, dan Asadha.

  1. Konghucu

Ajaran Konfusius atau Konfusianisme yang kemudian berubah menjadi Khonghucu macul di Indonesia pada abad ke-17. Agama Khonghucu memiliki dua kitab utama, yaitu Kitab Si Shu dan Kitab Wu Jing. Agama konghucu ini beribadah di Li Tang atau Klenteng, dan mereka merayakan Tahun Baru Imlek, Cap Go Meh, dan Cheng Beng.

Toleransi Terhadap Semua Agama Yang Diakui Di Indonesia

Toleransi sendiri sebenarnya terbagi atas tiga yaitu :

  • Negatif

Isi ajaran dan penganutnya tidak dihargai. Isi ajaran dan penganutnya hanya dibiarkan saja karena menguntungkan dalam keadaan terpaksa. Contohnya PKI atau orang – orang yang beraliran komunis di Indonesia pada zaman Indonesia baru merdeka.

  • Positif

Isi ajaran ditolak tetapi penganutnya diterima serta dihargai. Seperti contohnya anda beragama Islam wajib hukumnya menolak ajaran agama lain didasari oleh keyakinan pada ajaran agama anda tetapi penganutnya atau manusianya tetap anda hargai.

  • Ekumenis

Isi ajaran serta penganutnya dihargai karena dalam ajaran mereka itu terdapat unsur – unsur kebenaran yang berguna untuk memperdalam pendirian dan kepercayaan sendiri. Contohnya kamu dengan temanmu yang sama – sama beragama Islam atau Kristen tetapi berbeda aliran atau pemahaman. Dalam kehidupan beragama sikap toleransi ini sangatlah dibutuhkan karena dengan sikap toleransi ini kehidupan antar umat beragama dapat tetap berlangsung dengan tetap saling menghargai agama masing – masing.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!