Berita Agama

Memberikan informasi tentang ilmu-ilmu keagamaan dan berita agama terbaru

Banner

Makanan Haram Yang Dilarang Dalam Agama Islam, Jangan Dicoba!

Makanan Haram Yang Dilarang Dalam Agama Islam, Jangan Dicoba!

Makanan Haram Yang Dilarang Dalam Agama Islam, Jangan Dicoba!

Makanan Haram Yang Dilarang Dalam Agama Islam, Jangan Dicoba! – Salah satu kebutuhan primer manusia yang paling penting adalah makanan. Hidup manusia akan terancam jika tidak makan dalam jangka waktu tertentu. Maka dari itu pemenuhan kebutuhan manusia terhadap makan berkaitan erat dengan pemeliharaan jiwa, pemeliharaan akal, dan pemeliharaan harta.

Makanan merupakan sumber protein yang berguna bagi manusia, yang berasal dari hewan disebut protein hewani dan yang berasal dari tumbuh-tumbuhan disebut protein nabati. Semuanya merupakan karunia Allah kepada manusia.

Dalam ajaran agama Islam, makanan yang dikonsumsi manusia khususnya umat Islam tidaklah bersifat bebas. Namun demikian, sesuai dengan ajaran Islam, maka kita perlu selektif memilih makanan karena ada yang bersifat halal ada pula yang bersifat haram.

Makanan Haram Yang Dilarang Dalam Agama Islam, Jangan Dicoba!

Makanan haram adalah makanan yang tidak boleh dikonsumsi umat Islam sesuai aturan Allah SWT dan rasul-Nya. Konsumsi makanan haram mendatangkan kerugian bagi muslim di dunia dan akhirat. Biasanya makanan dan minuman yang haram ini, akan memberikan pengaruh yang buruk terhadap tubuh jika kamu konsumsi. Bahkan banyak yang mengakibatkan kamu bisa terserang penyakit.

Secara umum, Alquran dan hadis mengatur ketentuan makanan yang layak dan tak layak konsumsi dengan menyebutkan jenis-jenis yang haram. Selain dari itu, maka makanan lainnya bisa dikategorikan halal, jika tidak disertai alasan tertentu. Misalnya, karena hasil curian, maka tetap akan diharamkan.

Makanan Haram Yang Dilarang Dalam Agama Islam, Jangan Dicoba!

Di dalam Al-Qur’an Allah SWT telah menetapkan beberapa jenis makanan haram untuk dikonsumsi umat Muslim. Dalil tersebut bisa kita temukan dalam surah Al- Qur’an yakni Surat Al- Maidah ayat 3

Diharamkan bagimu (memakan) bangkai, darah, daging babi, (daging hewan) yang disembelih atas nama selain Allah, yang tercekik, yang terpukul, yang jatuh, yang ditanduk, dan diterkam binatang buas, kecuali yang sempat kamu menyembelihnya, dan (diharamkan bagimu) yang disembelih untuk berhala.”

Agar dapat mengetahuinya secara lengkap, mari simak rincian makanan yang diharamkan untuk dimakan dalam agama Islam seperti berikut ini :

  1. Daging Babi

Dalam Islam, daging babi merupakan makanan haram yang dilarang dengan keras. Perintah larangan maemakan daging babi juga disampaikan langsung dalam Surat Al-Maidah Ayat 3.

  1. Bangkai Daging Hewan

Hal ini juga telah disampaikan langsung dalam Surat Al-Maidah Ayat 3, yang disebut tidak boleh memakan hewan yang sudah lebih dulu mati atau telah menjadi bangkai.

  1. Daging Hewan yang Disembelih Atas Nama Selain Allah SWT

Islam sangat melarang umatnya memakan binatang-binatang yang tidak menyebutkan nama Allah ketika menyembelihnya.

  1. Daging Hewan yang Memakan Kotoran

Baik hewan berkaki dua ataupun hewan berkaki empat, jika hewan tersebut memakan kotoran hewan lainnya atau kotoran manusia, makan dagingnya diharamkan.

  1. Mengandung Darah yang Mengalir

Hal ini juga terbukti secara ilmiah setelah dilakukan analisis kimia, bahwa darah yang mengalir mengandung uric acid (asam urat) dengan kadar yang cukup tinggi yang akan berbahaya bagi kesehatan.

  1. Makanan yang Diambil dari Orang Lain Tanpa Izin (hasil mencuri)

Walaupun makanan tersebut terbuat dari bahan yang halal, namun cara untuk mendapatkannya tersebut, dapat menjadikan makanan tersebut haram bagi tubuh.

  1. Hewan yang Diperintahkan Islam Untuk Dibunuh

Beberapa hewan yang diperintahkan untuk dibunuh dalam Islam memang memiliki kedudukan yang haram untuk dimakan.

  1. Hewan yang Dilarang Islam Untuk Dibunuh

Dilarang membunuh hewan artinya dilarang untuk dikonsumsi juga. Karena seandainya hewan tersebut juga boleh dimakan, maka hewan tersebut harus dibunuh terlebih dahulu.

  1. Hewan yang Bertaring

Sabda dari Rasulullah SAW di atas menjelaskan tentang hukum larangan memakan binatan bertaring dari jenis binatang buas, seperti beruang, anjing, serigala, harimau, dan lain sebagainya.

  1. Burung yang Berkuku Tajam

Seperti burung elang dan burung pemangsa lainnya. Daging dari burung berkuku tajam yakni haram, karena kuku-kuku yang digunakan oleh burung berkuku tajam tersebut digunakan untuk mencengkram mangsanya.

Mengetahui Dampak Buruk Mengkonsumsi Makanan Haram

 

Makanan yang kamu makan tidak hanya berpengaruh terhadap kesehatan jasmani saja, akan tetapi juga dapat mempengaruhi kesehatan rohani. Maka dari itu, kamu harus menghindari berbagai makanan haram agar ibadah tetap lancar. Sebagaimana Allah SWT berfirman, yang artinya:

Dan makanlah makanan yang halal lagi baik dari apa yang Allah telah rezekikan kepadamu, dan bertakwalah kepada Allah yang kamu beriman kepada-Nya.” (QS. Al- Maidah ayat 88).

Adapun dampak yang terjadi pada seseorang, berupa akibat buruk bila mengkonsumsi makanan haram, yakni telah dirincikan sebagai berikut :

  • Doa yang dipanjatkan kepada Alah SWT tidak akan dikabulkan.
  • Merusak hati juga akal sehat manusia.
  • Merusak keimanan seseorang.
  • Mendapatkan dosa dan balasan buruk dari Allah SWT baik itu di dunia atau di akhirat (neraka).
  • Semua amal shaleh tidak akan diterima Allah SWT dalam wkatu 40 hari.
  • Merusak keturunan, apabila anak-anaknya diberi makanan dan minuman haram maka hati dan akalnya akan rusak pula.
  • Merupakan tindakan yang dzalim atas diri sendiri.
  • Hati senantiasa gelisah sebab dikejar oleh dosa-dosa.
  • Dan lain sebagainya.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!