Berita Agama

Memberikan informasi tentang ilmu-ilmu keagamaan dan berita agama terbaru

Banner

Mengetahui Hari Besar Perayaan Umat Kristen Beserta Maknanya

Mengetahui Hari Besar Perayaan Umat Kristen Beserta Maknanya

Mengetahui Hari Besar Perayaan Umat Kristen Beserta Maknanya

Mengetahui Hari Besar Perayaan Umat Kristen Beserta Maknanya – setiap agama dan kepercayaan pada umumnya mempunyai sejumlah hari besar keagamaan yang diperingati secara rutin setiap tahunnya. Sama seperti perayaan umat Kristen yang akan memperingati empat hari raya dalam setahun.

Seluruh hari raya umat Kristiani biasanya tertuang dalam kalender liturgi dan beberapa diantaranya ditetapkan sebagai hari libur nasional. Diketahui bahwa kalender liturgi adalah siklus masa liturgi dalam gereja-gereja Kristiani yang menentukan kapan hari-hari orang kudus, hari-hari peringatan, dan hari-hari besar harus dirayakan.

Mengetahui Hari Besar Perayaan Umat Kristen Beserta Maknanya

Selain itu, seetiap hari raya ini pula memiliki makna yang berbeda-beda. Metode perayaannya pun berbeda-beda, disesuaikan dengan harinya. Hari besar ini tentu saja berbeda dengan hari biasanya, contohnya hari minggu. Maka cara untuk perayaan umat kristen pada hari besar tertentu biasanya dikhususkan di gereja.

Namun secara umum ada 5 hari besar perayaan umat Kristen, yang dirayakan oleh hampir seluruh aliran gereja Kristen. Terutama pada Katolik, Ortodoks, dan Protestan.

Mengetahui Hari Besar Perayaan Umat Kristen Beserta Maknanya

Terdapat 5 hari besar perayaan umat Kristen yang merupakan hari raya Kristen terpenting dan terbesar. Walaupun memiliki makna yang berbeda-beda, hari raya Kristen tetap dijalankan sebagai mana mestinya. Metode perayaan yang berbeda-beda juga bukanlah suatu halangan untuk melaksanakannya.  Maka dari itu, ketahuilah hari besar perayaan umat Kristen sebagai berikut :

  1. Hari raya Paskah

Hari Raya Paskah merupakan perayaan terbesar dan pun puncak perayaan keagamaan umat kristiani. Di mana umat Kristiani memperingati peristiwa kebangkitan Yesus Kristus setelah tiga hari disalibkan. Tanggal hari raya paskah tidak tetap setiap tahunnya, paskah dirayakan pada hari Minggu pertama sesudah bulan purnama  yang jatuh pada tanggal 21Maret atau sesudahnya, sehingga Paskah biasanya jatuh antara tanggal 22 Maret hingga 27 April.

  1. Hari Raya Kenaikan Yesus Kristus

Hari raya kenaikan Yesus Kristus atau dikenal juga dengan nama Kenaikan Isa Almasih. Kemudian dirayakan setelah 40 hari peristiwa kebangkitan Yesus Kristus dari maut. Seperti namanya, hari raya kenaikan Isa Almasih memperingati kenaikan Yesus ke surga setelah bangkit dari wafatnya. Pada hari ini, umat kristiani juga akan mengikuti perayaan ekaristi di gereja.

  1. Hari Raya Pentakosta

Hari raya Pentakosta dirayakan tepat 50 hari setelah paskah atau 10 hari setelah hari raya Kenaikan Isa Almasih. Pada hari raya ini, umat kristiani merayakan turunnya Roh Kudus.Pada hari raya pentakosta ini umat kristiani juga memperingati peristiwa lahirnya Gereja sebagai tempat persekutuan orang beriman.

  1. Hari Raya Ekaristi

hari raya Ekaristi yang merupakan hari peringatan untuk mengenang wafat dan kebangkitan Yesus Kristus. Untuk mengenang wafat dan kebangkitan Yesus Kristus, umat Kristiani melakukan Perayaan Ekaristi atau Perjamuan Suci setiap Hari Minggu. Ekaristi sebagai tanda bahwa Yesus tidak lagi hadir dalam wujud manusia, melainkan dalam wujud Roh yang hidup.

  1. Hari Raya Natal

Kata Natal berasal dari bahasa Portugis yang artinya kelahiran. Benar saja, maka Natal diperingati sebagai hari lahirnya Yesus Kristus ke dunia. Peringatan ini dilakukan setiap 25 Desember dan Natal menjadi perayaan yang sangat krusial bagi umat agama Kristen. Biasanya sebelum Natal tiba, umat Kristiani melakukan kegiatan sepertti menghias rumah, menyiapkan kado, dan melakukan misa malam natal.

Mengulik Serangkaian Kegiatan Hari Raya Natal

Dalam bahasa Inggris, kata Christmas (Hari Natal) dipastikan berasal dari kata Cristes maesse, frasa dalam bahasa Inggris yang berarti Mass of Christ (Misa Kristus). Kadang-kadang kata Christmas disingkat menjadi Xmas. Tradisi Natal diawali oleh Gereja Kristen terdahulu untuk memperingati sukacita kehadiran Juru Selamat “Mesias” di dunia. Selanjutnya sebelum natal tiba, biasanya terdapat serangkaian kegiatan yang dilakukan seperti berikut :

  • Menghias Rumah dengan Pernak-Pernik Natal

Menjadi hal yang wajib untuk menyambut natal. Pohon natal, lampu natal, bel, bola-bola salju, dan boneka sinterklas menjadi aksesoris penting saat perayaan Natal

  • Menyiapkan Kado untuk Bertukar Kado

Kado Natal menjadi simbol kalau Natal telah tiba. Hampir semua umat Kristiani melakukan hal ini. Tradisi bertukar kado saat Natal sudah menjadi kebudayaan orang Amerika dan Eropa. Isi kadonya juga beranekaragam, sesuai dengan budget dan kepada siapa kado tersebut akan diberikan

  • Misa Malam Natal

Malam Natal dirayakan untuk menyambut kelahiran Yesus Kristus. Pada malam ini, terdapat gua replika sebagai kandang tempat Yesus dilahirkan. Gua tersebut juga akan diisi dengan patung Yesus, Bunda Maria, Yosef, para gembala, dan domba-domba. Sesuai sejarah natal, pada malam Natal inilah Santa Claus akan datang untuk membagi-bagikan hadiah. Hadiah ini dikhususkan bagi anak-anak, walaupun tidak menutup kemungkinan juga diberikan kepada orang dewasa.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!