Berita Agama

Memberikan informasi tentang ilmu-ilmu keagamaan dan berita agama terbaru

Banner

Perintah Solat 5 Waktu Dalam Al Quran Yang Harus Diketahui

Perintah Solat 5 Waktu Dalam Al Quran Yang Harus Diketahui

Perintah Solat 5 Waktu Dalam Al Quran Yang Harus Diketahui

Perintah Solat 5 Waktu Dalam Al Quran Yang Harus Diketahui – Salat merupakan kewajiban yang harus dilakukan oleh tiap-tiap manusia yang sudah berikrar tunduk kepada Allah Swt. Adapun, waktu sholat yang diwajibkan telah ditentukan berdasarkan ketentuan syara’, yaitu sebanyak 5 kali dalam sehari atau sering disebut solat 5 waktu. Dalam sebuah hadits disebutkan bahwa solat 5 waktu akan menjadi juru selamat kelak di hari kiamat.

Diriwayatkan dari ‘Abdullah bin ‘Amr, Rasulullah bersabda: “Siapa yang menjaga sholat 5 waktu, baginya cahaya, bukti dan keselamatan pada hari kiamat. Siapa yang tidak menjaganya, maka ia tidak akan mendapatkan cahaya, bukti, dan juga tidak mendapat keselamatan. Pada hari kiamat, ia akan bersama Qorun, Fir’aun, Haman, dan Ubay bin Kholaf”, (HR Ahmad).

Perintah Solat 5 Waktu Dalam Al Quran Yang Harus Diketahui

Kewajiban solat 5 waktu ini pula adalah salah satu rukun dalam Islam dan diketahui oleh semua kalangan sehingga tidak boleh ada satu pun Muslim yang mengingkari kewajiban shalat tersebut. Sholat dan semua ibadah yang Allah tetapkan merupakan obat hati serta pelipur lara untuk manusia. Sholat dapat mendatangkan kebahagiaan, kesenangan dan kesempurnaan baik di dunia maupun akhirat.

Dalam Al-Qur’an disebut: “Dirikanlah olehmu sembahyang ketika gelincir matahari hingga waktu gelap malam, dan (dirikanlah) sembahyang subuh sesungguhnya sembahyang subuh itu adalah disaksikan (keistimewaannya)”, (QS Al Israa’: 78”

Perintah Solat 5 Waktu Dalam Al Quran Yang Harus Diketahui

Kewajiban sholat 5 waktu ini pula adalah salah satu rukun dalam Islam dan diketahui oleh semua kalangan, sehingga tidak boleh ada satu pun muslim yang mengingkari kewajiban sholat tersebut. Allah pun menerangkan waktu-waktu yang diwajibkan untuk sholat Yaitu :

  1. An-Nuur: 58 disebut langsung nama salat Isya’ dan salat Fajar (subuh)

Allah Swt berfirman: “Wahai orang-orang yang beriman, hendaklah hamba sahaya (laki-laki dan perempuan) yang kamu miliki dan orang-orang yang belum balig (dewasa) di antara kamu meminta izin kepada kamu tiga kali, yaitu sebelum salat Subuh, ketika kamu menanggalkan pakaian (luar)-mu di tengah hari, dan setelah salat Isya. (Itu adalah) tiga (waktu yang biasanya) aurat (terbuka) bagi kamu.523) Tidak ada dosa bagimu dan tidak (pula) bagi mereka selain dari (tiga waktu) itu. (Mereka) sering keluar masuk menemuimu. Sebagian kamu (memang sering keluar masuk) atas sebagian yang lain. Demikianlah Allah menjelaskan ayat-ayat kepadamu. Allah Maha Mengetahui lagi Mahabijaksana. (An-Nūr [24]:58)”

  1. QS al-Isra’ : 78 disebut perintah mendirikan salat Zuhur

Dimulai dari waktu tergelincirnya matahari (duluukissyams) sampai waktu gelapnya malam (ghasyaqillail) serta pada waktu yang bersamaan dengan terbitnya fajar (qur’aanalfajr) dalam firman Allah Swt.: “Dirikanlah salat sejak matahari tergelincir sampai gelapnya malam dan (laksanakan pula salat) Subuh! Sesungguhnya salat Subuh itu disaksikan (oleh malaikat). (Al-Isrā’ [17]:78)

  1. Qaaf: 39-40 disebut perintah mendirikan salat Asar

Waktu-waktu salat yaitu sebelum terbit matahari yakni salat Subuh sebelum terbenam matahari yaitu salat Zuhur dan Asar danpada waktu malam hari yaitu Magrib dan Isya. Firman Allah Swt.: “Maka, bersabarlah engkau (Nabi Muhammad) terhadap apa yang mereka katakan dan bertasbihlah seraya bertahmid (memuji) Tuhanmu sebelum terbit dan terbenamnya matahari. (Qāf [50]:39)” Bertasbihlah pula kepada-Nya pada sebagian malam hari dan setiap selesai salat. (Qāf [50]:40)

  1. Hud : 144 disebut perintah solat magrib

Wa aqimiṣ-ṣalāta ṭarafayin-nahāri wa zulafam minal-laīl, innal-ḥasanāti yuż-hibnas-sayyi`āt, żālika żikrā liż-żākirīn (QS. 11:114)

“Dan dirikanlah sembahyang itu pada kedua tepi siang (pagi dan petang) dan pada bahagian permulaan daripada malam. Sesungguhnya perbuatan-perbuatan yang baik itu menghapuskan (dosa) perbuatan-perbuatan yang buruk. Itulah peringatan bagi orang-orang yang ingat. (QS. Hud ayat 114)”

Kewajiban salat harus dijalankan ketika manusia sudah memasuki akil baligh atau masa pubertas. Setidaknya ketika berumur 10 tahun. Namun, sebaiknya orangtua sudah mengajarkan tata cara sholat 5 waktu beserta gambarnya bacaannya sedini mungkin.

Dengan harapan, anak bisa menunaikan ibadah salat secara benar. Selain itu, mengajarkan salat yang dilakukan sejak kecil dapat membuat anak terbiasa sehingga lebih istiqomah nantinya.

Ternyata, Solat 5 Waktu Memiliki Manfaat Baik Bagi Tubuh

Selain fungsi spiritualnya, solat 5 waktu juga memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh dan pikiran. Dikarenakan merupakan aktivitas sehari-hari dan dilaksanakan berulang kali dalam sehari, gerakan-gerakan sholat memiliki dampak tersendiri bagi tubuh kita. Sholat melibatkan berbagai gerakan dan posisi fisik, yang terbukti secara ilmiah memiliki manfaat medis dan kesehatan. Beberapa manfaat sholat yang bermanfaat bagi tubuh yakni sebagai berikut :

  1. Mengurangi Stres
  2. Meredakan Sakit Punggung dan Nyeri Sendi
  3. Baik Untuk Kesehatan jantung
  4. Meningkatkan Sirkulasi Darah
  5. Menjaga kebersihan Tubuh Secara Keseluruhan

Meskipun umat Islam umumnya sholat setiap hari karena kewajiban agama mereka, namun ilmu pengetahuan modern telah menjelaskan keuntungan fisik dari sholat. Sholat harus dilakukan dengan tenang, khusyuk, religius dan spiritual untuk mendapatkan manfaat yang maksimal.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!