Berita Agama

Memberikan informasi tentang ilmu-ilmu keagamaan dan berita agama terbaru

Banner

Wajib Ketahui 6 Rukun Iman Agama Islam Beserta Maknanya

Wajib Ketahui 6 Rukun Iman Agama Islam Beserta Maknanya

Wajib Ketahui 6 Rukun Iman Agama Islam Beserta Maknanya

Wajib Ketahui 6 Rukun Iman Agama Islam Beserta Maknanya – Rukun iman agama Islam merupakan dasar kepercayaan dalam Islam yang wajib diamalkan oleh orang yang beriman. Rukun artinya dasar atau pokok yang harus dikerjakan. Sedangkan iman artinya mengakui secara lisan, membenarkan dengan hati, dan mengamalkannya dengan perbuatan.

Rukun iman agama Islam juga menjadi landasan perbuatan seorang Islam bagaimanapun keadaannya, baik dalam susah maupun senang. Pokok-pokok kepercayaan dalam agama Islam terkandung dalam Rukun Iman. Bagi setiap umat Muslim wajib mengetahui dan memahami masing-masing dari keenam rukun iman tersebut.

Rasulullah bersabda yang artinya: “Iman itu artinya engkau beriman kepada Allah, para malaikat-malaikat Nya, kitab-kitab-Nya, Rasul-rasul-Nya, hari akhir, dan kamu beriman kepada takdir yang baik maupun yang buruk.” (HR. Muslim).

Wajib Ketahui 6 Rukun Iman Agama Islam Beserta Maknanya

Dalam hidup, umat muslim pun diminta untuk memahami dan mengamalkan tiap ayat dalam rukun iman di kehidupan sehari-harinya. Namun, bagaimana jika tidak bisa memahami atau mengamalkannya ? Mungkin pembahasan kali ini dapat menjawabnya.

Wajib Ketahui 6 Rukun Iman Agama Islam Beserta Maknanya

Pokok-pokok kepercayaan dalam agama Islam terkandung dalam Rukun Iman. Adapun keenam Rukun Iman agama Islam tersebut berdasarkan ayat Al-Qur’an dan Al-Hadist. Keenam rukun iman dalam agama Islam dapat kamu ketahui sebagai berikut :

  1. Iman kepada Allah SWT

Iman kepada Allah SWT artinya mempercayai dan meyakini dengan sepenuh hati bahwa Allah itu ada (wujud). Allah ada sebagai Tuhan alam semesta yang menciptakan langit dan bumi beserta isinya. Selain itu, Orang yang beriman pada sifat-sifat Allah hanya akan menyembah-Nya dan tidak menyekutukan-Nya dengan apapun.

  1. Iman Kepada Malaikat

Rukun iman yang kedua adalah iman kepada malaikat yang artinya percaya dengan adanya malaikat-malaikat Allah SWT walaupun tidak pernah melihatnya. Malaikat diciptakan Allah SWT dari nur atau cahaya. Selain itu,malaikat dicipatakan oleh Allah SWT untuk diberikan tugas untuk mengatur seluruh isi alam, melalui malaikat-malaikatnya.

  1. Iman Kepada Kitab-Kitab Allah SWT

Iman kepada kitab-kitab Allah SWT artinya meyakini dan mempercayai adanya kitab-kitab yang diturunkan oleh Allah SWT. Adapun kitab yang diturunkan Allah SWT kepada rasul-Nya antara lain kitab Zabur kepada Nabi Daud AS, kitab Taurat kepada Nabi Musa AS, kitab Injil kepada Nabi Isa AS, dan kitab Al Quran kepada Nabi Muhammad SAW. Kitab itu diturunkan kepada para Rasul, untuk kemudian dilanjutkan ke seluruh umat-Nya. Dengan berpedoman teguh pada kitab-kitab Allah, niscaya manusia bisa selamat dari siksa api neraka.

  1. Iman Kepada Nabi dan Rasul

Iman kepada rasul-rasul Allah SWT artinya meyakini dan mempercayai dengan sepenuh hati bahwa rasul-rasul Allah SWT itu ada. Mereka diciptakan untuk membawa ajaran dan kebenaran kepada para umat. Para rasul menerima wahyu dari Allah SWT lewat perantara malaikat. Hal ini berarti kita harus meyakini bahwa nabi dan rasul adalah manusia utusan Allah yang diperintahkan untuk menyampaikan kabar gembira dan ancaman di muka bumi.

  1. Iman Kepada Hari Kiamat

Iman kepada hari akhir atau hari kiamat artinya meyakini dan mempercayai bahwa hari itu pasti akan datang. Pada hari itu alam semesta beserta seluruh isinya akan hancur. Manusia akan dibangkitkan dari kuburnya dan dikumpulkan untuk dimintai pertanggungjawaban.

  1. Iman Kepada Qada dan Qadar

Menurut bahasa, qada berarti ketetapan. Sebelum manusia lahir dan sebelum dunia tercipta, Allah sudah punya ketetapan yang tertulis pada kitab Lauh Mahfuz. Baik tentang hidup, kebaikan, keburukan, dan kematian. Sementara, qadar menurut bahasa berarti ketentuan atau kepastian Allah. Sedangkan berdasarkan istilah, qadar berarti penentuan yang pasti dan sudah ditetapkan oleh Allah. Termasuk yang sedang terjadi, akan terjadi, dan belum terjadi.

Menerapkan Rukun Iman Di Kehidupan Manusia

Di dalam kehidupan umat muslim dianjurkan untuk memahami sekaligus mengamalkan rukun iman dalam kehidupan sehari-hari. Dengan cara itu akan lebih membuat kita istiqomah dalam melakukan ibadah. Kamu juga harus menegtahui bagaimana cara menerapkan rukun iman di dalam kehidupan.

  • Iman Kepada Allah

Lakukan shalat 5 waktu, lakukan kewajiban kita untuk zakat, berbakti kepada kedua orang tua dan lakukan segala amalan yang sudah diperintahkan oleh Allah SWT.

  • Iman kepada para malaikat Allah

Cara mengimaninya dengan meniru sifat baik dari malaikat yang selalu taat kepada Allah SWT. Ingat bahwa ada malaikat yang betugas untuk mencatat amal baik dan buruk kita.

  • Iman kepada kitab-kitab Allah

Sebagai umat muslim kita harus selalu membaca, menghafal, bahkan mengamalkan apa yang telah terkandung dalam Alquran dalam kehidupan agar tidak tersesat.

  • Iman kepada para rasul Allah

Rajin membaca sholawat nabi setiap hari, menjalankan sunnah dari Rasulullah yang telah diajarkan, dan meniru sifat baik para 25 rasul yang telah Allah pilih.

  • Iman kepada Hari Kiamat (hari akhir)

Mengimani segala sesuatu yang terjadi di alam barzakh berupa fitnah kubur yaitu nikmat atau pun siksa. Kita juga harus mengimani tanda-tanda kiamat, hari kebangkitan di padang mahsyar, adanya hisab, misan, hingga berakhir di Surga atau Neraka.

  • Iman kepada Qada dan Qadar

Selalu berprasangka baik kepada Allah SWT, Allah menciptakan mudarat pastilah ada maslahat, dan pandai bersyukur baik saat mendapat musibah maupun mendapat kebahagian.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!